Sabtu, 05 Maret 2016

Bahaya Penggunaan Obat Asma, Hambat Pertumbuhan Anak?


PENGGUNAAN obat asma di bawah usia 2 tahun beresiko hambat pertumbuhan anak. Studi tentang 12.000 bayi Finlandia menemukan, rata-rata mereka mengkonsumsi Kortikosteroid Inhalasi (ICS) jangka panjang menunjukan tanda-tanda pertumbuhan terhambat.

Penelitian sebelumnya menunjukan adanya hubungan dengan penghambatan pertumbuhan. Para ahli mengatakan, steroid harus digunakan dengan hati-hati kepada anak-anak di bawah usia sekolah.

Namun Asthma UK mengatakan, ICS berperan penting dalam mengendalikan gejala asma dan mengurangi resiko perawatan di rumah sakit untuk balita.

ICS adalah zat kuat yang biasa ditemukan dalam inhaler, digunakan untuk mengobati asma pada orang dewasa dan mengi berulang pada anak-anak. Tetapi penggunaan itu diketahui memiliki efek samping pada beberapa orang.

Pedoman terbaru untuk dokter merekomendasikan semua anak menggunakan steroid inhalasi, harus memeriksakan berat badan dan tinggi badan setiap tahun, untuk mendeteksi penghambatan pertumbuhan.

Peneliti Dr. Antti Saari dari University of Eastern Finland mengatakan, timnya telah menganalisis informasi tentang ketinggian orang tua dan anak-anak. Serta data tentang berat badan dan obat asma anak-anak, untuk menghitung tinggi yang diharapkan,

Dia menemukan hubungan, jika penggunaan permanen bisa menyebabkan penurunan tinggi saat dewasa sekitar 3cm dari tinggi yang seharusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia