Senin, 14 Maret 2016

Hal Menakjubkan Sayuran Kol bagi Kesehatan Manusia


Siapa yang tak mengenal jenis sayuran yang satu ini. Kol (atau kubis, red) merupakan sayuran yang berasal dari negara Eropa Selatan dan juga Eropa Barat. Sayuran ini dapat dijadikan berbagai bentuk masakan.

Banyak yang tak menyangka bahwa kol bukan hanya disajikan sebagai masakan semata, namun sayuran jenis kubis ini ternyata juga memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Demikian dilansir dari laman NaturalNews, bahwa terdapat delapan hal menakjubkan dari manfaat kol bagi kesehatan tubuh manusia. Di antaranya:

Kanker
Kita sering kali memakan kol untuk lalapan. Ternyata kol ini sangat efektif dalam mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker. Hal tersebut dikarenakan, dalam kandungan kol terdapat zat ‘sulforaphane’ yang efektif mencegah sel-sel dari karsinogen.

Selain itu, bila Anda menyajikan kol dalam bentuk ‘smoothie juice’, di dalamnya mengandung isosianat yang mampu menghindari kanker paru-paru, kanker usus, kanker payudara, dan kanker prostat. Bahkan, hal tersebut juga dapat membantu pemulihan secara cepat dalam proses penyembuhan pasca sakit.

Sistem kekebalan tubuh
Selain mencegah kanker, kol juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sayuran ini dapat mengatur sel ‘T’ dan membantu dalam pengobatan alergi karena adanya bahan kimia yang disebut “histidin”. Glucosinolates yang ditemukan dalam jus kol juga merangsang sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan fungsi otak
Kol mengandung vitamin k dan ‘anthocyanin’. Ini berkontribusi terhadap fungsi mental dan konsentrasi. Karena nutrisi ini mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan terhadap demensia dan penyakit alzheimer. Bit merah adalah kombinasi yang terbaik untuk ini.

Penyakit jantung
Selenium ditemukan dalam jus kubis dan membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung. Selain itu, tingginya tingkat asam lemak esensial Omega 3 membantu mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Radang sendi
Jus kubis secara alami tinggi selenium, yang membantu untuk memerangi gejala arthritis. Sifat anti-inflamasi dari jus kubis juga bermanfaat dalam memerangi berbagai gangguan inflamasi degeneratif lainnya.

Anti penuaan
Minum jus kubis yaitu seperti minum dari mata air awet muda. Jus anti-penuaan ini membantu mencegah kekeringan dan garis-garis halus.

Anemia
Tingginya tingkat asam folat dalam jus kubis membantu tubuh Anda untuk membangun sel-sel darah baru. Dengan cara ini, minum jus kubis mentah yakni cara yang sehat dan alami untuk mengobati anemia.

Peradangan
Jus kubis dikenal mengandung anti-inflamasi. Bermanfaat untuk membantu Anda mengadapi ‘pertempuran’ arthritis dan penyakit inflamasi degeneratif lainnya. Asam amino yang ditemukan dalam jus kubis juga bagus untuk mengurangi peradangan kulit manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia