Minggu, 06 Maret 2016

Ini Dia Manfaat Tak Terhingga Madu


Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ustadz saya pernah mendengar ada seorang ustadz yang mengatakan bahwa madu adalah obat yang amat ajaib. Bahkan tak ada bandingannya dengan obat obatan kimia modern. Mohon dijelaskan kembali agar saya lebih paham. Jazakallah.

Wa’allaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Bapak Joni yang dirahmati Allah, memang benar apa yang disampaikan ustadz tersebut bahwa madu adalah obat yang amat ajaib. Dalam tulisan sebelumnya pernah saya sampaikan bahwa tokoh terkenal dalam sejarah peradaban manusia sudah terbiasa mengonsumsi madu untuk kesehatan dan kecerdasan otak.

Beberapa keajaiban madu di antaranya berguna untuk menyediakan zat-zat gula pengganti yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan tubuh atau otak. Madu cepat diserap tubuh, sementara frutkosa sulit diserap. Madu juga berfungsi untuk menjaga kadar gula di dalam darah.

Madu telah diujicobakan kepada penderita penyakit jantung di Universitas di Bologna Italia, hasilnya menunjukan bahwa madu sangat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkat kinerja jantung.

Madu dapat membantu tubuh untuk beristirahat. Khasiat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Terbukti dengan mengonsumsi 1 sendok madu pada pagi hari dapat membantu tidur kita menjadi nyenyak pada malam harinya. Dan saat terjadi insomania yang parah, seoarang dokter asal AS merekomendasikan untuk mengkonsumsi 2 sendok madu sesaat sebelum tidur yang dapat membantu menghilangkan insomnia tersebut.

Madu berkhasiat untuk mamperbaiki pertumbuhan tulang dan gigi. Beberapa percobaan telah dilakukan terhadap beberapa jenis binatang. Percobaan-percobaan tersebut menunjukan hasil bahwa madu memberi manfaat amat baik terhadap pertumbuhan tulang dan gigi.

Madu banyak dicampurkan pada beberapa macam obat batuk, karena khasiatnya yang dapat melembutkan. Madu dapat memperlancar keluarnya air liur di dalam mulut yang akan memudahkan kita ketika menelan. Madu juga bermanfaat untuk mengobati dehidrasi yang menyerang bagian dada serta berguna pula untuk mengobati batuk kering.

Madu adalah bahan makanan yang bergizi lengkap bagi para ibu hamil. Madu juga merupakan makanan terbaik untuk anak diatas usia 12 bulan, demi mencegah terjadinya keracunan bagi anak-anak di bawah 12 bulan disebabkan belum sempurnanya sistem pertahanan tubuh yang mereka miliki.

Madu juga penting untuk menghambat proses panuan atau untuk digunakan oleh para atlet guna menambah energi yang sangat dibutuhkan oleh otot.

Madu dapat mengeluarkan zat-zat yang mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel-sel jahat. Serbuk sari yang terdapat di dalam madu dapat mengubahnya tanpa membelah sel tersebut. Oleh sebab itu, sebagian ahli berpendapat madu dapat mencegah terjadinya kanker.

Dokter Havas asal Prancis telah menarik perhatian para peneliti penyakit kanker atas penemuannya. Ia menyatakan bahwa poin terpenting untuk dipelajari guna menyembuhkan penyakit kanker adalah mencari teknik pencegahan terhadap terjadinya pembelahan sel kanker. Karena pembelahan sel yang tidak alami adalah pokok pangkal terjadinya kanker.

Telah lama dikatakan bahwa kenyataan menunjukan bahwa penyakit kanker tidak menyerang para peternak lebah. Pendapat ini juga didukung oleh dr. Beck asal AS dalam pernyataannya, “ Sungguh penyakit kanker tidak pernah dikenal oleh kebanyakan petani lebah. Hal tersebut bisa jadi disebabkan madu yang mereka konsumsi secara terus menerus, atau disebabkan khasiat royal jelly atau serbuk sari (bee pollen) yang terdapat dalam madu. Dan hal itu bisa juga disebabkan oleh bisa lebah yang masuk melalui sangatan atau disebabkan zat propolis.”

Meski madu memiliki efek asam, namun madu tetap dianggap sebagai bahan penting untuk menjaga kadar alkali di dalam darah. Peran madu tersebut seperti peran buah jeruk dan lemon yang keduanya memiliki efek asam, namun keduanya penting untuk membentuk dan memperbarui alkali dalam darah. Menjaga kandungan alkali di dalam darah sangat berguna untuk keseimbangan asam yang dihasilkan dari asam laktat dan asam karbonit di dalam jaringan tubuh yang timbul setelah tubuh bekerja.

Adapun dalam kaitannya dengan penyakit-penyakit seperti lukak lambung atau peradangan pada usus dua belas jari, ada beberapa ilmuawan asal Rusia dan AS yang menegaskan bahwa madu adalah obat yang efektif untuk orang-orang yang terserang kedua penyakit tersebut. Nyeri yang dirasakan oleh para penderita akan segera hilang dan muntah-muntah serta kekeringan pada mulut yang muncul sering dengan kedua penyakit tersebut juga akan terhenti setelah si penderita meminum madu, apalagi jika yang bersangkutan meminum madu sesaat setelah makan. Hal ini dilakukan agar madu dapat memperbaiki kandunga enzim pencernaan yang terdapat di dalam lambung yang mempengaruhi dinding lambung.

Madu sangat berkhasiat untuk mengobatai kecanduan minuman keras. Hal tersebut telah dibuktikan di sebuah rumah sakit yang memberi madu setelah dilarutkan di dalam air hangat dengan kadar 40 kepada pasien pecandu alkohol. Ternyata pemberian madu tersebut sangat efektif untuk melindungi jantung, merangsang kinerja jantung, dan memperkuat jantung.

Semoga jawaban yang diberikan bermanfaat bagi para pembaca. Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia