Selasa, 15 Maret 2016

Dahsyatnya Khasiat Seledri bagi Kesehatan Manusia


Tumbuhan Seledri diyakini sebagai tumbuhan yang memiliki fungsi, baik untuk kesehatan tubuh maupun juga kecantikan perempuan. Beberapa negara termasuk Jepang, Tiongkok dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun seledri sebagai bahan makanan.

Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah kolonial Belanda dan dipakai daunnya untuk menyedapkan rasa sup atau sebagai lalapan. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa, seperti, daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

Seledri sering kita jumpai pada campuran beberapa makanan seperti, sayur sop, campuran pada bakso, dan juga bubur ayam. Sebagai sumber vitamin A, C, vitamin B dan mineral penting lainnya, termasuk kalsium, kalium dan asam folat.

Seledri memiliki manfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, seperti dilansir dari laman NaturalNews. Berikut beberapa khasiat seledri:

1. Seledri membantu penurunan berat badan
Seledri adalah pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam diet Anda. Tumbuhan ini mengandung super rendah kalori, di mana satu tangkai besar mengandung hanya 10 kalori. Dan itu seperti sumber serat, yang akan membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

2. Seledri bisa turunkan tekanan darah
Seledri telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah karena senyawa yang disebut “3-n-butylphthaline (3nb)” yang dikandungnya.

3. Seledri merupakan pereda nyeri
Karena terdapat “senyawa 3nb”, ini memberikan kemampuan seledri untuk mengurangi rasa sakit manusia akibat radang sendi, asam urat dan ‘fibromyalgia’.

4. Seledri baik untuk penglihatan Anda
Satu tangkai seledri besar menyediakan 10 persen dari kebutuhan harian Anda untuk asupan vitamin A, yang merupakan nutrisi yang sangat baik yang melindungi mata Anda sekaligus mencegah penyakit mata.

5. Seledri melindungi Anda terhadap kanker
Seledri mengandung kumarin, senyawa fitokimia yang telah terbukti untuk membantu ‘memerangi’ kanker dengan meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih. Asupan seledri bisa menunda pembentukan sel kanker payudara secara signifikan.

6. Seledri menyediakan garam alami
Seledri mengandung natrium, yang merupakan jenis garam yang benar-benar alami, organik dan penting untuk kesehatan Anda.

7. Seledri melancarkan pencernaan
Dikemas dengan serat tidak larut, dan juga dengan kadar air yang tinggi (95 persen air), seledri dapat membantu pencernaan yang baik.

8. Seledri membantu Anda tidur nyenyak
Seledri membantu Anda menenangkan diri dan menghilangkan stres lantaran kaya magnesium yang dikandungnya. Minyak esensial di dalamnya juga menenangkan sistem saraf yang akan membuat Anda tidur lebih baik. Jadi itu adalah pilihan yang baik untuk menyertakan seledri ke dalam menu makan malam Anda.

9. Seledri memiliki sifat anti-inflamasi
Seledri mengurangi peradangan, sehingga jika Anda menderita nyeri sendi, asma atau infeksi lainnya. Selain itu, juga rasa sakit akan berkurang.

10. Seledri mengatur keseimbangan basa tubuh
Seledri melindungi Anda dari keasaman dengan mengatur tingkat basa tubuh Anda, ini adalah berkat mineral alkali , termasuk potasium, magnesium, besi dan sodium.

11. Seledri membantu detoksifikasi tubuh Anda
Seledri menghilangkan racun dari tubuh dan mengurangi berat badan karena memiliki pembersihan besar dan bersifat diuretik.

12. Seledri meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengonsumsi seledri secara teratur bisa mengurangi resiko terserang flu (pilek) serta penyakit lainnya dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena mengandung vitamin C tinggi dan antioksidan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia