Minggu, 06 Maret 2016

Gerhana Matahari, Sebagai Muslim Lakukan Ini


Gerhana matahari akan mengenai hampir seluruh wilayah Indonesia 9 Maret nanti. Dalam Islam, ummat Muslim dianjurkan untuk melakukan sholat sunnat gerhana dua rakaat.

Seperti diutip dari anneahira.com, hadist yang diriwayatkan Bukhari Muslim dengan sanad yang shahih, shalat gerhana pertama kali dilakukan sewaktu Ibrahim, anak laki-laki Rasulullah, wafat. Dan kebetulan, meninggalnya Ibrahim bersamaan dengan fenomena alam gerhana matahari.

Hari itu adalah hari yang menyedihkan untuk Rasulullah Muhammad SAW, sehingga beliau berdoa pada Allah sewaktu matahari­bulan­bumi berada persis pada satu garis edar. Rasulullah waktu itu bersabda bahwa dua gerhana (matahari dan bulan) dan kematian orang yang dicintai, adalah tanda kekuasaan Allah.

Jadi beliau waktu itu memerintahkan umatnya untuk melakukan shalat setiap kali terjadi gerhana, sebagai wujud ketundukkan manusia pada kebesaran Tuhan.

Tata Cara Shalat Gerhana

Sesudah menyucikan diri dengan air wudlu, yang pertama harus dilakukan adalah melafalkan niat dalam hati. Bacaan niatnya hampir sama dengan shalat sunnah lainnya, dan yakini dalam hati kalau melakukan shalat gerhana semata­mata karena Allah Ta’ala.

Shalat gerhana juga lebih diutamakan dilakukan berjamaah, sama seperti shalat tarawih. Shalat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat, dengan dua ruku’ dan dua sujud di tiap rakaatnya. Tata caranya, yang pertama, lakukan takbiratul ihram dan bacalah Al­Fatihah seperti shalat lainnya, hanya saja bacalah surat Al­Fatihah dengan suara keras (sesuai hadist Nabi yang diriwayatkan Bukhari Kemudian lakukan ruku’ dan i’tidal. Tapi sesudah membaca i’tidal, posisikan diri dengan bersedekap seperti sesudah melakukan takbiratul ihram. Baca lagi surat Al­Fatihah dan surat lain yang lebih panjang, dan lakukan gerakan lain persis sebagaimana shalat fardu, sampai menyelesaikan sujud rakaa pertama.

Lalu di rakaat kedua, lakukan gerakan persis seperti di rakaat pertama. Sesudah salam, lakukan dzikir sambil berdoa seperti biasa.

Semoga kita dapat mengambil fadilah dari shalat gerhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia