Rabu, 16 Maret 2016

KOPI DAN TEH, MANA LEBIH BAIK


Jika ada rekan datang dan bertanya mana yang lebih baik: kopi atau teh? Apakah jawaban Anda?

Itu adalah pertanyaan yang bagus karena sepertinya setiap hari ada saja berita tentang manfaat kesehatan dari kopi dan teh, tapi di sini akan kita bandingkan antara keduanya.

Kebenaran faktanya: tidak ada yang menonjol dengan jelas. Antara kopi dan teh memiliki daftar panjang pro-kontra dalam kesehatan. Di bawah ini, alasan untuk minum satu atau yang lain, bersama dengan tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari masing-masingnya.

Teh
Kata yang pro: Teh membanggakan dengan daftar panjang manfaat kesehatannya. Antioksidan yang kaya dalam teh melawan peradangan, dan telah terbukti membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Peminum teh memiliki risiko jauh lebih rendah dari stroke dan penyakit jantung, dan teh dikenal meningkatkan kesehatan otak. Satu studi, misalnya, menemukan bahwa dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua yang minum kurang dari tiga cangkir seminggu, mereka yang minum lebih dari dua cangkir teh hijau sehari memiliki risiko jauh lebih rendah dari penurunan memori yang berhubungan dengan usia.

Peminum teh rutin juga memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih tinggi dan tingkat yang lebih lambat dari keropos tulang.

Secara keseluruhan itu terkait dengan anti-penuaan: penelitian menunjukkan bahwa sel-sel dari peminum teh rutin memiliki usia biologis lebih muda dari non-peminum. Hal yang cukup ampuh, bukan?

Kata yang kontra: Yang pertama adalah sangat membuat gigi bernoda kecoklatan.

Yang lain adalah dampak potensial pada kadar zat besi Anda karena kandungan tanin-nya, yakni jenis antioksidan yang mengganggu penyerapan non-heme, atau zat besi dari makanan seperti sayuran atau tanaman berbasis kacang-kacangan. Dalam satu studi klasik tahun 1982 mengatakan minum teh dengan makanan menghasilkan pengurangan 62% dalam penyerapan zat besi dibandingkan dengan 35% untuk kopi.

Akhirnya, jika Anda sensitif untuk itu, kafein dalam teh dapat juga menjadi kontra, meskipun tingkat lebih rendah dari kopi. Satu cangkir atau delapan ons teh hitam mengandung 14-70 mg kafein, dan teh hijau 24-45 mg, dibandingkan dengan 95-200 mg dalam ukuran porsi yang sama pada kopi.

Tips persiapan yang sehat
Saran yang paling penting untuk teh adalah untuk membatasi atau menghindari menambahkan pemanis. Menikmatinya dalam keadaan panas atau es, dan jika Anda membutuhkan sedikit rasa manis tambahkan percikan jus buah 100%. Anda juga dapat menambahkan rasa dengan sedikit bumbu alami, seperti jahe parut segar, atau mint segar. Masing-masing juga meningkatkan potensi antioksidan dalam cangkir Anda.

Adapun masalah besi, jika Anda omnivora ini tidak menjadi perhatian benar karena tanin tidak mempengaruhi penyerapan heme besi berbasis hewani yang ditemukan dalam daging, ikan, dan unggas. Tetapi jika Anda vegetarian atau vegan cara terbaik untuk mengimbangi dampaknya adalah dengan mengkonsumsi makanan nabati kaya zat besi dengan sumber vitamin C. Sumber vitamin C top lainnya termasuk paprika, brokoli, kembang kol, kubis Brussel, kiwi, dan stroberi.

Kopi
Kata yang pro: Kabar baik tentang kopi terus datang. Sebuah studi baru di Harvard menemukan bahwa mereka yang minum sekitar tiga sampai lima cangkir kopi sehari berkurang kemungkinan meninggal secara prematur oeh beberapa penyakit daripada mereka yang minum kurang atau tidak minum kopi. Sebuah sumber yang kaya antioksidan, konsumsi kopi secara teratur juga telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap diabetes tipe 2, Parkinson, dan kanker tertentu.

Kata yang kontra: zat alami di kopi tanpa filter (yang direbus atau espresso) telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol yang sedikit. Juga kopi lebih asam dibandingkan teh, jadi jika Anda memiliki perut atau masalah pencernaan mungkin mentolerir teh lebih baik.

Kopi telah lama memiliki reputasi untuk masalah tulang, tapi masih belum jelas seberapa besar efeknya. Satu studi menemukan bahwa asupan tinggi kopi empat cangkir atau lebih sehari mengurangi kepadatan tulang 2-4%. Namun, jika Anda sudah memiliki tulang yang rendah kepadatannya, konsumsi kopi adalah sesuatu yang Anda harus bicarakan dengan dokter Anda.

Kalangan yang kontra kopi lain mengatakan terutama terkait dengan kandungan kafein, yang lagi lebih tinggi daripada di teh. Kafein adalah stimulan, jadi jika Anda sensitif untuk itu kopi dapat membuat Anda merasa terlalu dirangsang, gelisah, dan cemas. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus membatasi asupan kafein Anda karena kafein dapat menyebabkan lonjakan pendek, tapi dramatis dalam tekanan darah.

Juga dua atau lebih cangkir kopi sehari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan mutasi genetik yang cukup umum, yang memperlambat kerusakan kafein dalam tubuh. Sayangnya pengujian untuk ini terbatas, dan tidak biasanya ditawarkan oleh dokter.

Akhirnya, kopi dikenal sebagai diuretik, berarti ia menguras air dari tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh Anda dapat menyesuaikan diri dengan kebiasaan rutin, tetapi jika Anda hanya memiliki sekali-sekali, atau Anda memiliki lebih dari biasanya, bisa membuat Anda dehidrasi.

Tips persiapan yang sehat
Sekali lagi, gula dan tambahan kopi lainnya adalah masalah besar. Kopi jadi sarat kalori dengan sirup, susu, dan whipped cream, dapat dengan mudah menambahkan hingga lebih banyak kalori dari yang harus disediakan makanan. Tidak disarankan menggunakan pemanis buatan karena dampak potensial mereka terhadap nafsu makan dan regulasi gula darah, serta kesehatan usus.

Disarankan kopi Anda ditambahkan sedikit susu nabati, jumlah minimal atau tidak ada tambahan gula, dan taburan bumbu kaya antioksidan seperti kayu manis.

Catatan
Pastikan Anda tidak menggunakan kafein dalam teh atau kopi sebagai penopang, untuk menutupi kelelahan dari terlalu sedikit tidur. Meskipun Anda mungkin mendapatkan manfaat dari menggunakan kafein pra-olahraga yang terbaik adalah memotong kafein dengan benar-benar setidaknya enam jam sebelum tidur untuk tidur yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia