Kamis, 10 Maret 2016

Khasiat Cabe Rawit Yang Wajib Kamu Ketahui


Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui jika terdapat manfaat dan khasiat cabe rawit bagi kesehatan dibalik bentuknya yang kecil dan menggemaskan. Bagi kamu pecinta makanan pedas, cabe rawit merupakan salah satu bumbu favorit yang paling dicari. Tahukah kamu, mengapa cabe rawit memberikan rasa yang sangat pedas? Karena, rasa pedas yang terdapat di dalam cabe rawit berasal dari zat capsaicin. Nahh, zat capsaicin inilah yang paling banyak terkandung di dalam cabe rawit. Di dalam zat Capsaicin terdapat bermacam-macam sifat, yaitu anti alergi, anti iritasi, anti inflamasi dan anti jamur.

Cabe rawit adalah buah dan tumbuhan yang tergolong dalam anggota genus capsicum. Di berbagai negara, cabe rawit mempunyai nama yang berbeda-beda. Di Singapura dan Malaysia, cabe rawit ini biasa disebut dengan Cili padi. Di Jawa Barat, cabe rawit disebut dengan Cengek. Sedangkan di daerah Jawa seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebut cabe rawit dengan sebutan Lombok Rawit. Terdapat pula beberapa vitamin yang terkandung di dalam cabe rawit, seperti vitamin A, Vitamin C, vitamin B6 dan Betakaroten. Selain itu, cabe rawit juga mengandung mineral yang baik untuk kesehatan, seperti mangan dan kalium. Lalu, apa saja manfaat cabe rawit untuk kesehatan? Berikut ulasannya :

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Manfaat cabe rawit yang pertama adalah melancarkan proses pencernaan. Karena cabe rawit mampu meningkatkan produksi enzim dan asam lambung serta membantu menstimuli sistem pencernaan kita. Hal ini sangat membantu dalam proses metabolasi makanan (dan racun). Serbuk cabe juga mempunyai manfaat bagi tubuh, seperti membantu mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Karena serbuk cape dapat membantu menstimulasi gerakan peristaltik di dalam perut sehingga membantu proses eliminasi dan asimilasi.

2. Menurunkan Berat Badan

Cabe rawit mempunyai kemampuan untuk meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh. Hal ini akan membantu kamu menurunkan badan lebih cepat. Selain itu, cabe rawit dapat menurunkan nafsu makan.

3. Mencegah Kanker

Keunggulan lain dari cabe rawit adalah mencegah timbulnya kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker pankreas. Hal ini disebabkan karena kandungan zat capsaicin tersebutlah yang membantu mengurangi resiko kanker (selain memberikan rasa pedas). Proses ini disebut dengan Apoptosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia