Rabu, 24 Februari 2016

Australia Sebut Potensi Ekonomi di Sumsel Luar Biasa

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH menerima kunjungan Dr Steven Barraclough, Minister Counsellor (Economic, Invesment, dan Infrastructure Branch) dari kedutaan Australia di Griya Agung Palembang

Gencarnya percepatan pembangunan di berbagai bidang yang dilakukan Pemprov Sumsel, membuat Pemerintah Australia melirik dan berminat menjalin berbagai bidang kerjasama dengan Provinsi Sumsel.

Australia telah menyiapkan dana sebesar Rp 450 Milyar terkait pekerjaan infrastruktur yang direncanakan Pemerintah Australia di Palembang. Selain itu, Australia juga berkeinginan untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah Provinsi Sumsel.

Dr Steven Barraclough, Minister Counsellor (Economic, Invesment, dan Infrastructure Branch) dari kedutaan Australia mengatakan, Pemerintah Australia menilai Provinsi Sumsel merupakan daerah di Indonesia yang memiliki potensi ekonomi yang luar biasa.

Menurutnya, dari hal ini jelas sekali bahwa Sumsel memiliki visi dan misi untuk masa depan yang lebih baik dan Provinsi Sumsel sendiri sudah bergerak dengan berbagai pembangunan Infrastruktur dengan menjadi tuan rumah Asian Games dan lainnya.

“Jadi ini langkah awal untuk mendengar langsung dari Pemerintah Provinsi Sumsel tentang berbagai bidang kerjasama yang dapat dilakukan, Untuk saat ini belum tepat untuk diambil keputusan karna baru penjajakan. Namun, dari hasil pertemuan ini akan segera kita tindak lanjuti,” ungkap Steven saat diterima Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH di Griya Agung Palembang.

Menurut Dr Steven Barraclough mengatakan, ke depan pihaknya akan akan rutin datang di Sumsel untuk membangun hubungan yang baik antara pemerintah Australia dengan Provinsi Sumsel.
Selain itu, untuk membangun berbagai bidang kerja sama lainnya sesuai dengan usulan yang nantinya diajukan pemerintah Provinsi Sumsel.

Dijelaskannya, di bidang Infrastruktur Australiah sudah pernah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang yakni di pengelolaan limbah dan air bersih untuk mengaliri Enam ribu rumah di kota Palembang.

“Jadi dengan hubungan yang baik ini kita harapkan akan ada kerjasama yang lain lagi yang dapat dilakukan seperti di bidang pendidikan karena Australia sendiri memiliki kemampuan dalam dunia pendididkan serta saat ini terdapat sembilan ribu mahasiswa Indonesia berada di Australia. Selain itu, sudah ada beberapa program bantuan bea siswa dari Australia di Indonesia dan kita sendiri memiliki bentuk kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan di Australia,” ujar Dr Steven Barraclough.

Sementara Gubernur Sumsel H Alex mengatakan, pihaknya sudah menawarkan beberapa potensi kerjasama yang dapat dilakukan seperti pengembangan sekolah Jurnalis Asean di Jakabaring.

Pertukaran mahasiswa untuk disiplin ilmu, fasilitas pendukung untuk rencana pembangunan sirkuit motoGP di Jakabaring, Serta Pengembangan dan pengelolaan Kawasan Jakabaring Sport City.

“Perlu diketahui Australia terkenal dengan beberapa komplek olah raga yang tentunya pengelolaannya dilakukan dengan baik. Untuk itu kita mintakan agar tenaga ahli dan manajemennya untuk membenahi pengembangan kawasan Jakabaring Palembang," terang Alex.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel Ruslan Bahri mengatakan, masih banyak potensi kerjasama yang dapat dilakukan. Bahkan saat ini ada juga potensi yang masih digali seperti bidang pendidikan dan Infrastruktur.

“Yang pasti untuk yang tercepat dalam waktu dekat ini adalah kerjasama di bidang pendidikan serta pengelolaan komplek Jakabaring Sport City, Setelah ini Pemerintah Australia akan terus datang untuk membangun kerjasama dengan Sumsel,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android Portal Indonesia